GAJAH

 


Gajah binatang yang amat besar,

Matanya kecil telinganya lebar.

Dimana tempatnya..? di kebun Binatang...

Penggalan puisi tentang gajah ini tak lekang oleh waktu, hampir semua sekolah Taman Kanak-kanak mengajarkan puisi tentang gajah, selain mudah di ingat, puisi ini bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak. 

Gajah adalah binatang darat terbesar, gajah memiliki belalai panjang, telinganya lebar dan memiliki kaki yang besar, matanya sipit atau kecil dan memiliki gading yang panjang ketika dewasa. 

gajah tergolong sebagai kelompok mamalia, yang bisa hidup sampai usia 60 tahun di alam liar, dan bisa mencapai 80 tahun bila tinggal di penangkaran. 

Bagian - bagian tubuh gajah itu memiliki fungsinya masing - masing, salah satu fungsi yang menarik dari gajah adalah belalai gajah yaitu untuk : 

  • Bernafas
  • Memegang dan memasukkan makanan ke dalam mulut
  • mengeluarkan suara yang berbeda - beda, seperti terompet untuk memberikan peringatan atau komunikasi dengan anggota kelompok gajah yang lain.
  • Sebagai alat pertahanan untuk menakuti musuh atau predator atau ancaman lainnya.
Sedangkan Gading memiliki fungsi yaitu :

  • Sebagai pertahanan diri dari predator 
  • Untuk menggali, mencari makan, mengupas, dan memindahkan sesuatu
  • melindungi belalai gajah
  • Membantu gajah untuk mengupas kulit kayu pohon untuk dimakan.

Tekinga gajah : 

Telinga gajah yang besar memiliki fungsi utama untuk pendinginan, telinga gajah mengandung jaringan pembuluh darah dengan ukuran yang sangat kecil. Aliran darah yang hangat saat bersirkulasi pada jaringan tersebut akan mendingin sebagai akibat dari pengaruh lingkungan diluar tubuh gajah.

Spesies gajah di dunia ini adalah Gajah Asia ( gajah Sumatera dan gajah Kalimantan, gajah India ), Gajah Afrika (gajah Afrika semak dan gajah Afrika Hutan ). 

Gajah Sumatera adalah gajah yang berhabitat di hutan Sumatera, gajah Sumaetra makan rumput dan buah - buahan, gajah sumatera memiliki ingatan yang baik dan termasuk hewan yang pintar. Gajah Sumatera saat ini hampir punah, populasinya hanya sekitr 2.800 ekor saja. Penyebab gajah ini hampir punah adalah berkurangnya habitat gajahakibat deforestasi dan pembunuhan liar untuk diambil gadingnya.

untuk melindungi populasi gajah Sumatera dari kepunahan maka berbagai riset dilakukan, pemerintah juga berupaya untuk mengurangi konflik gajah dan manusia serta menyiapkan strategi mitigasi untuk populasi gajah Sumatra berkelanjutan.


(Sumber : Kompas/detik.com/EnslikopediaIndonesia/FKGI/NationalGeographic)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMUT

LEBAH MADU